Menerka-nerka Rahasia Konsumsi BBM pada Satria FU FI

Suzuki Satria FU Fuel Injection sudah launching tanggal 16 Februari kemarin di sirkuit sentul nih, karena MO gak nyobain jadinya tertarik dengan keterangan di brosur nih, cekidot deh

irit2bbbm2ball2bnew2bsatria2binjeksi
nyolong dari punya om Taufik TMCBlog nih

Tuh liat, power dan torsi perkasa, tapi klaim jarak tempuhnya 200km fulltank itu sesuatu loh. Di brosur (setidaknya satu gambar ini) tidak diberitahu metodenya gimana, kita anggap aja metodenya ECE R-40 + Test EUDC deh. Kira-kira begini hasil analisa ngawur MO, kita comot lagi deh ilmunya Om Taufik TMCblog.

  1. Idling selama 11 detik
  2. Akselerasi 0-15 km/jam selama 4 detik
  3. Steady di 15 km/jam selama 8 detik
  4. Deselerasi 15-10 km/jam selama 2 detik
  5. Deselerasi 10-0 km/jam selama 3 detik
  6. Idling selama 21 detik
  7. Akselerasi 0-32 km/jam selama 12 detik
  8. Steady di 32 jm/jam selama 24 detik
  9. Deselerasi 32-10 km/jam selama 8 detik
  10. Deselerasi 10-0 km/jam selama 3 detik
  11. Idling selama 21 detik
  12. Akselerasi 0-50 km/jam selama 26 detik
  13. Steady di 50 km/jam selama 12 detik
  14. Deselerasi 50-35 km/jam selama 8 detik
  15. Steady di 35 km/jam selama 13 detik
  16. Deselerasi 35-10 km/jam selama 9 detik
  17. Deselerasi 10-0 km/jam selama 3 detik
  18. Idling selama 7 detik

Plus

  1. Idling di 0 km/jam selama 20 detik
  2. Akselerasi 0-70 km/jam selama 41 detik
  3. Steady di 70 km/jam selama 50 detik
  4. Deselerasi 70-50 km/jam  selama 8 detik
  5. Steady di 50 km/jam selama 69 detik
  6. Akselerasi 50-70 km/jam selama 13 detik
  7. Steady di 70 km/jam selama 50 detik
  8. Akselerasi 70-90 km/jam  ( belum ada data berapa detik)
  9. Steady di 90 km/jam ( belum ada data berapa detik)
  10. Deselerasi 90-nol km/jam ( belum ada data berapa detik)
  11. Steady di keadaan diam ( belum ada data berapa detik)

Mengetahui kemampuan Satria baru yang segitu bagusnya dengan klaim Top Speed 142 km/jam,  dengan variabel tes kecepatan tertingginya “hanya” 90km jam untuk beberapa detik, jelas eces sekali buat ini motor. Dan kita tahu, salah satu faktor penting yang mempengaruhi konsumsi bbm yaitu BOBOT  Satria FU FI yang hanya 109 km. Aerodinamika juga pengaruh, dibantu bodi yang slim, hambatan angin yang dibelah Satria FU FI ini saat ngacir bisa diminalisir, ya walaupun mungkin, mungkin ya.. motor fairing punya kemampuan membelah angin lebih baik. Hambatan yang dihadapi juga bisa diminimalisir dengan ukuran ban yang tidak begitu gambot. Mantep.

Kemudian, kalau temen-temen pernah browsing internet, faktor lain yang mempengaruhi konsumsi bbm adalah kailan RPM motor. Lagilagi, dengan tenaga sebagus itu, kecepatan tes pada variabel-variabel tadi hanya perlu mengail rpm yang tidak terlampau tinggi, dibantu oleh bobot keseluruhan yang ringan tadi, terlebih lagi mesin 6 speed bisa digunakan cukup irit jika kita jeli mengatur gear setinggi-tingginya pada rpm serendah rendahnya dengan kecepatan yang sesuai. Mau lagi ? coba Buffer dulu video Om Taufik, sampai 6000an rpm mesin Satria FU FI masih bisa dibilang santai tuh, mesin santai kan relatif nenggak bbm lebih bersahabat imho, terus cek screen shot nya om Vandra MMblog di sini sini sini dan disini , perhatiin kecepatan, gear, dan rpm nya deh.. Efisien banget keliatannya ! disini engineer Suzuki jeli, selain memanfaatkan redline 13000 rpm nya Satria FU FI ini untuk performa, juga memanfaatkan rentang rpm seluas itu untuk meletakkan tenaga di rpm yang tepat demi konsumsi BBM lebih baik ! salut !

Overall, secara paket motor ini matap banget, si Gesit Irit ! asik !

.

Sekian.

 

Hayo kalau mau berinteraksi, berbagi info, diskusi dan apaaja bisa juga hubungi MO di
email : rigionasakti@gmail.com
wa : 0897 0775 (45+1)1  (jangan telpon atau sms ya)

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Menerka-nerka Rahasia Konsumsi BBM pada Satria FU FI

Leave a comment